Rabu, 28 September 2011

Tips Umum Handphone

Daftar Kabel Data Nokia


Saya sendiri masih sering melihat daftar ini. Dan saya kira dan mudah-mudah dapat membantu teman-teman yang bingung pengin koneksi ke computer atau ke internet dengan menggunakan handset NOKIA.
Daftar tersebut berisi tentang data kabel data yang kompatibel atau sesuai dengan jenis handphone Nokia. Agar nantinya tidak salah beli kalau kita ingin beli kabel data Nokia. Gambar di atas hanyalah potongan daftar, bukan daftar sesungguhnya. Semoga bermanfaat.
For English please visit my Blogspot :
http://cellular-tricks.blogspot.com/2010/03/nokia-data-cable-compatibility-list.html

Panduan Singkat Blacberry, Shortcut Blackberry (Blackberry Simple Guide)


Blackberry lagi.. Ndak papa yaa, jangan bosan. Untuk kali ini ada tips tombol jalan pintas atau shortcut atau tombol-tombol yang lebih membantu anda agar lebih nyaman dan cepat dalam pemakaian smart Phone Blackberry.
Berikut tips-tipsnya :

  • Mematikan cahaya layar : Tekan tombol POWER.
  • Beralih ke program lain: Tahan tombol ALT dan tekan tombol ESCAPE. Lanjutkan untuk menahan tombol ALT dan pilih program. Lepaskan tombol ALT untuk beralih ke program tersebut.
  • Keluar dari sebuah tampilan atau kotak dialog: Tekan tombol ESCAPE.
  • Membuat tanda (@) saat menulis alamat Email: Tekan tombol SPACE.
  • Membuat atau menulis suatu karakter khusus: tekan dan tahan LETTER Key dan scroll dgn trackball / trackwheel.
  • Membbuat huruf kapital : Tekan dan tahan tombol LETTER KEY  sampai huruf kapital muncul.
  • Pindahkan kursor ke arah yang berbeda: The ALT key and scroll dengan trackball / trackwheel.
  • Ubah bidang pilihan (options field) : Tahan tombol ALT. Klik nilai yg dipilih.
  • Pindah ke salah satu item dalam daftar atau menu: Tekan huruf pertama dari item tersebut.
  • Memberi tanda check di kotak check : Tekan tombol the SPACE. Untuk menghapus kotak centang, tekan kembali tombol SPACE.
  • Pilih suatu baris teks : Tekan tombol SHIFT dan scroll dgn trackball / trackwheel.
  • Pindahkan ke bawah layar : Tekan tombol SPACE.
  • Pindah ke atas layar : Tekan tombol SHIFT + tombol yang SPACE.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang belum lama memiliki Blackberry.. And for English please visit my blogspot : http://cellular-tricks.blogspot.com/2010/03/blackberry-tips-blackberry-shortcut.html

Tips Beli Blackberry Bekas / Second Hand Blackberry


Nah, kalau tips yang satu ini mungkin sangat cocok bagi temen2 yang lagi kena penyakit kanker (kantong kering maksud-nya), sehingga tidak mampu membeli Smart Phone Blackberry baru, kuatnya yg bekas (second hand).
Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, akan tetapi yang terpenting adalah check dulu IMEI dan PIN-nya.. Seberapa penting-nya sih.. PIN dan IMEI Blackberry gampang saja adalah merupakan SIM dan STNK bagi anda. Lumayan vital kan..
Berikut cara mengetahui PIN dan IMEI apakah Blackberry yang kita beli kena suspend dari RIM (Research In Motion) atau tidak..
1. Pada Home screen klik icon options
2. Lalu Klik Status atau dengan shortcut dengan menekan bersamaan tombol ALT+CAPS+H
4. Akan ditampilkan menu HELP ME yang berisikan Vendor ID, Nomor PIN, dan IMEI
Nah sekarang cara mengetahui waktu pakai atau (life timer) Blackberry :
1. Pada Home screen klik icon options
2. Ketik BUYR
3. Akan tampil Data Usage dan Voice usage, jika bernilai 0 maka device tersebut belum pernah dipakai sebelumnya, kalau tidak 0 berarti Blackberry tersebut memang tidak baru lagi, paling tidak pernah di coba..
Harus lebih berhati-hati kalau ingin beli Blackberry bekas atau second hand..

Tips Handphone Mati Karena Kena Air


Kalau anda kena kasus yang ini, kalau nggak faham tentang elektronik dijamin pasti panik.. :-o Bagaimana tidak, HP kesayangan nyemplung air.. Kalau HP kita nyemplung air dalam keadaan mati, itu akan lebih mending dibandingkan apabila HP nyemplung air dalam kondisi ON. Karena pada saat ON maka semua komponen HP akan teraliri arus listrik dari baterry. Ini sangat fatal..
Kalau saat kondisi OFF hanya sebagian saja yang teraliri listrik. Dan kemungkinan kerusakan komponen juga lebih kecil.
Ini lebih fatal lagi.. kalau HP nyemplung air, pasti kita akan sesegera mungkin mengangkatnya, setelah itu bisa dipastikan akan akan segera menyalakan (SWITCH ON) HP tadi. Padahal HP masih dalam keadaan basah kuyup.
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi HP mati karena nyemplung air.
  1. Jangan sekali-kali menyalakan HP sesaat setelah HP nyemplung air.
  2. Segera lepaskan baterry, SIM card, MMC  dari tempatnya
  3. Buka casing luar HP apabila HP tersebut mempunyai casing luar.
  4. Buka Anda mempunyai sedikit keahlian dalam hal bongkar pasang perangkat elektronik, silahkan buka casing dan keringkan seluruh isi mesin handphone.
  5. Bagi yg sedikit tahu elektronik dan punya multitester, lakukan pengetesan SHORT atau tidak perangkat tersebut, caranya: Posisikan tester pada “Ohm 1x”. Ukurlah pada konektor baterry (+) dan (-). Bila dibolak-balik tetap short, itu berarti masih konslet. Jangan dulu dinyalakan. Kalau perlu bawa ke bengkel.
  6. Akan tetapi bila anda sama sekali awam masalah elektronik.. Jangan sekali-kali coba membongkar perangkat HP. Gak bener tapi malah tambah ancur ntar itu HP. Cukup keringkan saja atau semprot dengan kompressor atau pompa dengan tekanan kecil lewat lubang2 kecil dalam perangkat HP. Atau keringkan didepan kipas angin dengan posisi berdiri atau miring. Jangan posisi tidur atau posisi HP tengkurap.
  7. Bawa ke bengkel yang terpercaya. Jgn sembarang bengkel..
Semoga bisa membantu.. :-)

Tips Agar Baterry Handphone / Laptop Awet


Dalam kondisi yang sangat penting dan perlu komunikasi dengan keluarga atau teman, saat ini orang pasti memilih telepon atau handphone. Apalagi sekarang yang namanya HP bukan merupakan barang mewah lagi.
Eh.. tiba-tiba pas mau dipakai batery lemah atau low batt. Tiit.. tuutt… Ada banyak sekali jalan atau cara agar baterry HP anda awet, tingkat kekuatan setiap pengecasan atau awet dalam arti life time-nya. Ada beberapa segi cara atau tip agar baterry awet. Pertama cara pengecasan, kedua cara pemakaian, ketiga faktor jaringan. Berikut tips selngkapnya :
A.  Faktor Cara Pengecasan
  1. Pastikan menggunakan charger sesuai spesifikasi dari handphone tersebut. Paling gampang pilih yang original. Dan kalau beli juga yang original atau paling tidak kualitas original.
  2. Lakukan Pengecasan apabila batery telah benar-benar habis.
  3. Lakukan pengecasan sampai baterry full dan indikator pengecasan telah berhenti, setelah itu cabut. Jangan membiarkan HP dalam keadaan di charge selama semalaman alias ditinggal tidur.
  4. Faktor no.3 itulah faktor yang paling banyak terjadi, walaupun di dalam HP dan baterry itu sendiri sudah terpasang regulator tegangan. Sekali lagi itu kesalahan yang sangat fatal.
B.   Faktor Pemakaian
  1. Gunakan HP bila diperlukan saja. Itu jelas..
  2. Matikan fasilitas vibrate atau getar bila memang tidak diperlukan
  3. Matikan atau rendahkan volume ringtone sesuai kebutuhan.
  4. Matikan fasilitas Bluetooth dan Wifi, gunakan saat dibutuhkan saja.
  5. Rubah setting waktu nyala / light setting lampu, contrast layar atau LCD.
C.  Faktor Jaringan
Nah, kalau yang satu ini sangat tergantung dari operator jaringan yang kita pakai. Semakin lemah jaringan operator yang kita pakai maka akan semakin menguras batery HP dalam menagkap signal operator.
Gunakan jaringan operator yang terkuat untuk dipakai di daerah anda..
Eiit ada lagi tips biar baterry lebih awet.. Ndak usah dipakai baterry-nya.. :-D

Tips & Trik Jumper | Teknik Jumper Keypad Handphone


To the point boss.. Kali ini aku akan posting salah satu masalah yang sangat sering terjadi di dunia per-handphone-an. Yaitu tips & trick jumper atau teknik jumper keypad. Biasanya kasus ini terjadi karena keypad adalah satu interface dari handphone ke pengguna yang notabene kalau pengguna handphone itu agak kurang hati-hati, misalnya habis tangan basah langsung pegang HP, tangan kotor langsung pegang HP, hancur deeh.. dan yang terkena imbas pertama kali yaitu keypad hang alias macet. Daripada cari satu persatu butuh waktu yang lama. Ada 39 teknik jumper jalur keypad dari berbagai merek HP..
Dari merek Nokia, Siemens, Sony Ericsson, Blackberry dan lain-lain. Berikut contoh-contohnya :
Filenya sudah tak compress jadi sekitar 4.7MB.. Gak terlalu gedhe. Tapi kalau koneksi tulalit lumayan juga sihh. Semoga bermanfaat untuk semua.
Jangan lupa tinggalkan komentar kalau berkenan atau back juga boleh..
DOWNLOAD TIPS & TRICK JUMPER KEYPAD HANDPHONE
Setelah di download, extract filenya.. Kalau isinya masih file .rar lagi dan ada beberapa part, silahkan pilih semua part jadi satu kemudian baru di extact.