Jumat, 30 Maret 2012

Cara Install Android

Android Development 101
Mungkin anda pernah mendengar tentang Symbian, iPhone, Java ME, dan Blackberry. Tapi pernahkah anda mendengar tentang Android? , Saat ini siapa sih yg ga kenal sama Android? Betul sekali, satu lagi peserta dalam ajang kompetisi perangkat mobile yang dikembangkan oleh Google Inc. Di Indonesia, teknologi mobile ini masih tergolong sangat baru.

Apaan sih Android itu? Menurut Wikipedia, Android adalah sebuah Sistem Operasi berbasis Linux yang dikhususkan untuk perangkat selular. Android pertama sekali dikembangkan oleh Android Inc. Perusahaan ini kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Oh iya, Android bersifat open source.
Pengembangan Aplikasi Android menggunakan Eclipse
Kali ini, saya ingin mengajak pembaca-pembaca yang budiman untuk ikut terjun dalam dunia pengembangan aplikasi Android. Dalam pengembangan aplikasi Android ini, kita akan menggunakan Eclipse 3.6 Helios sebagai Integrated Development Environment (IDE). Oke, mari kita mulai:
I. Download dan install Eclipse
Pengembangan aplikasi Android ini dilakukan menggunakan Eclipse sebagai IDE. Penulis menggunakan Eclipse versi 3.5 (Helio).
1. Download eclipse dari:
http://www.eclipse.org/downloads/pac…pers/heliossr1
2. Pilih tipe sistem operasi anda
3. Download-lah IDE Eclipse tersebut.
4. Setelah selesai, extract file .zip yang telah di-download tersebut ke direktori yang anda inginkan. Misalnya C:\Program Files\Eclipse
5. Ketika pertama sekali anda menghidupkan Eclipse, anda akan diminta untuk menentukan direktori workbench anda. Workbench adalah direktori kerja anda dalam mengembangkan aplikasi Android nantinya. Tentukanlah direktori tersebut. Misalnya: D:\PlayingWithAndroid
II. Download dan Install Android SDK di Eclipse
Setelah kita selesai dengan Eclipse, yang selanjutnya perlu dilakukan adalah menginstall Android SDK dan plugin Android Development Toolkit (ADT) untuk Eclipse. Kedua file ini bisa didapatkan dari:
http://developer.android.com/sdk/index.html (untuk SDK)
*Ralat: Jangan lupa untuk menginstall Android SDK yang kita dapatkan dari link di atas. Pilih “installer_r10-windows.exe” (yang direkomendasikan pada halaman web tersebut)
http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html (untuk ADT)
Untuk sementara ini, kita tinggalkan dulu ADT karena akan kita install langsung dari dalam Eclipse nantinya. Kita akan beralih ke Eclipse. Pada Eclipse, lakukanlah langkah-langkah berikut:
1. Pada Eclipse, pilih menu “Help”. Lalu pilih “Install New Software”

2. Masukkan alamat berikut pada textbox “Work with”: https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ lalu tekan “Add”

3. Pada dialog box “Add Repository”, masukkan nama software yang akan di-install dan klik OK

4. Eclipse akan mencari komponen yang dibutuhkan pada alamat yang tadi kita ketik. Mohon bersabar.
5. Setelah proses selesai, centanglah checkbox “Developer Tools”, lalu klik Next

6. Eclipse akan menginformasikan software2 yang akan di-install pada anda. Klik “Next”, dan klik “Finish” pada halaman berikutnya

7. Mohon bersabar selagi Eclipse menginstall komponen2 yang dibutuhkan . Jika muncul “Security Warning”, klik saja “Yes”.

8. Mungkin akan muncul perintah untuk me-restart Eclipse. Lakukanlah.
9. Setelah itu, pilihlah menu “Window” dan pilih “Android SDK and AVD Manager”

10. Pada “Android SDK and AVD Manager”, pilih “Available Package” dan centanglah pilihan2 berikut pada “Android Repository”:
• Android SDK Platform Tools, revision 1
• Documentation for Android SDK, API 9, revision 1
• SDK Platform Android 2.3, API 9, revision 1 (sesuai pilihan anda). Note: anda tidak perlu mencentang semua SDK Platform Android yang ada
• Sample of SDK API 9, revision 1 (jika diperlukan)
Kemudian pada “Third party add-ons”, centanglah:
• Salah satu dari Google API yang sesuai dengan SDK Platform yang anda install (dalam kasus ini: Google API, Android API 9 , revision 1)
• Google USB Driver Package
• Google Market Licensing
11. Klik “Install Selected” dan selanjutnya pilih “Accept” jika anda sudah yakin dengan pilihan2 yang anda buat, dan klik “Install”


12. Eclipse akan menginstall semua komponen yang anda pilih tadi. Bersabarlah.

Oke, kita telah menyelesaikan tahap paling pertama dari pengembangan aplikasi Android.